skip to Main Content
0341-559399 hk@uin-malang.ac.id

Beberapa program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang diikuti oleh mahasiswa antara lain:

  1. Melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Pos Perbedayaan Keluarga (Posdaya) Berbasis Masjid. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakatyang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim yang melibatkan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah.Sejak tahun 2010, KKM secara rutin dilaksanakan setiap tahun yaitu pada bulan Juli hingga Agustus. Pada tahun 2014 dilaksanakan di 190 masjid, tahun 2015 dilaksanakan di 282 masjid, dan tahun 2016 dilaksanakan di 262 masjid di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Program ini merupakan kegiatan lintas disiplin ilmu yang bertujuan memperkuat fungsi sosial dari masjid, pembinaan ketahanan keluarga di berbagai bidang, memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam memanfaatkan ilmu serta kemampuan beradaptasi dengan masyarakat. Program ini disambut dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah daerah, melalui program ini berbagai kegiatan telah dilakukan pendampingan terhadap Taman Pendidikan Al-Qur’an, Penyuluhan Keluarga Sakinah, pengembanganproduk industri rumah tangga seperti kripik daun kelor, susu berbahan dasar jagung, brownis berbahan ketela, kerajinan tangan. Dengan demikian kegiatan inidapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
  2. Qiblatuna merupakan pelayanan dan pelatihan kepada masyarakat Kota Malang dan Kabupaten Malang dalam pengukuran arah kiblat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mengimplementasikan disiplin ilmu falak yang telah dipejari dan mendekatkan mahasiswa kepada masyarakat. Program ini dilaksanakan oleh 86 orang mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang memiliki perhatian di bidang ilmu falak. Program yang dilaksanakan sejak bulan November 2016 ini telah mendapat respon yang positif di masyarakat, setidaknya tim Qiblatuna sudah melaksanakan 9 kali melakukan validasi arah kiblat dengan rincian 37 rumah warga dan 14 kamar di Ma’had Sunan Ampel Al Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hingga tahun 2017.
  3. Pelatihan di Bidang Fiqh Thoharah dan Fiqh Perempuan di SMA Surya Buana Kota Malang bulan November 2016. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para mahasiswa program Studi Hukum Keluarga yang memiliki konsentrasi di bidang fiqh yang tergabung dalam wadah Young Shariah Trainer (YoST). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mengimplementasikan disiplin ilmu fiqh yang telah dipelajari khususnya fiqh ibadah. Program ini telah mendapat respon positif dari masyarakat, tim YoST diminta melakukan pendampingan beberapa program keagamaan seperti program pondok ramadhan di Mts Sunan Kalijaga Kota Malang, pelatihan di bidang fiqh haid di SMK Pelayaran Kota Malang, penggalangan dana sosial untuk panti asuhan di Kota Malang.
  4. Pendampingan terhadap anak-anak yatim yang menjadi binaan eL-Zawa: Pusat Kajian Zakat dan Wakaf UIN Maulana Malik Ibrahim yang tersebar di Kota Malang sejak tahun 2014. Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim memberikan bimbingan belajar, baca-tulis Al-Qur’an, dan fiqh ibadah. Selain itu, mahasiswa melakukan validasi dan monitoring perkembangan anak-anak yatim binaan eL-Zawa setiap bulan. Dengan demikian, perkembangan anak-anak yatim yang menjadi binaan tumbuh dan berkembang dengan baik, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional.Program ini telah mendampingi 100 anak yatim hinggatahun 2017.
  5. Pelatihan kader dakwah dan perawatan jenazah bagi pengurus Masjid di sekitar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 24 Maret 2016. Program ini mendapat sambutan positif dari masyarakat karena memberikan menambah kompetensi pengelola khususnya materi-materi khutbah jum’at dan tata cara perawatan jenazah.
  6. Distribusi bantuan bagi korban erupsi gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur pada tanggal 13 Februari 2014. Mahasiswa program studi membantu penggalangan dana dari civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan masyarakat umum untuk disumbangkan kepada korban erupsi gunung Kelud. Bantuan yang diberikan berupa selimut, handuk, popok bayi, perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi, dan buku-buku bacaan bagi anak-anak.
Back To Top